tote bag

Mengenal Tote Bag, Tas Simple Yang Banyak Disuka Orang

Saat sedang berjalan-jalan, Anda pasti melihat berbagai jenis tas yang dibawa oleh orang-orang. Ada backpack/rucksack (tas ransel), clutch, drawstring bag (tas serut), duffel bag, hand bag (tas tangan), sling bag (tas selempang), waist bag (tas pinggang), dan yang banyak digemari adalah tote bag. Nah, apakah tote bag itu?

apakah tote bag

Tote bag adalah tas terbuka dengan tali melengkung di kedua sisi bagian tengahnya. Bagian atas tote bag dibiarkan terbuka agar para pengguna lebih mudah memasukkan dan mengambil barang, tetapi saat ini bagian atas tersebut sudah ditutupi dengan resleting atau kancing agar barang-barang di dalamnya terjaga keamanannya. Karena praktis dan simple, tas yang termasuk ke dalam kategori tas jinjing ini banyak digunakan, baik oleh wanita maupun pria.

Baca juga: Tahukah Kamu Perbedaan Sablon Kaos Dan Print Kaos?

Tote bag didesain dalam berbagai ukuran, mulai dari yang besar, sedang, hingga kecil. Meskipun desainnya sederhana, tas ini tetap terkesan stylish sehingga sering digunakan untuk membawa barang sehari-hari, seperti peralatan kosmetik, alat-alat tulis, buku, dompet, handphone, makanan dan minuman, hingga pakaian ganti. Tidak hanya itu, tas ini juga mulai digunakan untuk membawa barang-barang belanjaan sebagai pengganti plastik sehingga lebih ramah lingkungan. 

Sejarah Munculnya Tote Bag

tote bag kanvas

Istilah “tote” atau “tate” yang memiliki arti “membawa” sudah dikenal sejak abad ke-17, tetapi hanya digunakan sebagai alat untuk membawa berbagai barang dan bukan sebagai tas. Pada 1940, barulah tote bag marak digunakan di Amerika Serikat sebagai tas untuk membawa berbagai barang bawaan, terutama digunakan oleh mahasiswa dan loper koran sehingga disebut juga sebagai “newsboy bags”. Pada 1944, tote bag didesain untuk para pelaut dengan menggunakan kain kanvas sehingga bentuknya sangat kukuh, tetapi tetap simple.

Pada 1950-an, tote bag disebut sebagai “truly American classic bags” mulai digunakan oleh para wanita di Amerika Serikat sebagai tas genggam yang praktis karena fungsinya dan tidak membutuhkan perawatan. Tas jinjing ini terus mengalami perkembangan yang pesat hingga pada 1960-an, diperkenalkan ke dalam dunia fesyen oleh Bonnie Cashin yang membuatnya terkesan trendi, tetapi tetap praktis. Tas jinjing yang awalnya sangat simple dan hanya digunakan untuk membawa berbagai barang bawaan sehari-hari, disulap menjadi tas mode oleh Kate Spade pada 1990-an.

Kelebihan Tote Bag

Meskipun tetap memegang prinsip praktis dan simple, tas jinjing yang selalu mengalami perkembangan ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan tas lainnya. Maka tidak heran, tas ini menjadi tas yang digemari oleh banyak orang. Nah, apa sajakah kelebihan dari tote bag?

1. Elegan Dan Trendi

Meskipun sangat simple, tote bag tetap dapat memberikan kesan elegan dan trendi sehingga sangat cocok dibawa ke mana saja. Saat ini, sudah banyak tote bag yang memiliki dua tali, yaitu tali yang lebih pendek sehingga dapat dibawa dengan tangan dan tali yang lebih panjang sehingga dapat disampirkan di bahu.

2. Lebih Praktis Dan Simple

Tidak semua jenis tas dapat memberikan kesan praktis dan simple sehingga Anda membutuhkan usaha ekstra untuk memasukkan atau mengambil barang yang ada di dalamnya. Misalnya, Anda harus melepaskan salah satu atau kedua tali tas ransel dan memindahkannya ke bagian depan tubuh untuk memasukkan atau mengambil barang yang dibutuhkan.

Baca juga: Ciri ciri baju anak yang nyaman dipakai sekecil

Jika menggunakan tote bag, Anda tidak perlu melakukan hal-hal tersebut. Anda hanya perlu memindahkan tangan untuk memasukkan atau mengambil barang yang dibutuhkan. Selain itu, keamanan barang-barang Anda juga lebih terjaga karena diapit di antara tubuh dan lengan.

3. Multifungsi

Tote bag dapat digunakan untuk membawa barang apa saja yang disesuaikan dengan kapasitas dan ukuran tas. Selain itu, tas ini juga dapat digunakan ke berbagai tempat, seperti kantor, sekolah, tempat wisata, dan tempat belanja.

Kain Untuk Membuat Tote Bag

tote bag polos

Awalnya, tote bag terbuat dari kain yang keras atau kulit yang tebal dengan permukaan berkerikil di bagian dasar dan talinya. Seiiring berjalannya waktu, kain yang digunakan mulai berubah sehingga membuat penggunanya merasa lebih nyaman. Berikut ini adalah kain-kain untuk membuat tote bag.

1. Kain Blacu

Kain blacu yang digunakan untuk membuat tote bag berasal dari kain mori yang belum mengalami proses pemutihan sehingga berwarna abu-abu atau putih gading. Kain blacu memiliki tekstur sedikit kasar dan lebih tipis.

Biasanya, kain ini dijual di pasaran dengan harga yang relatif murah karena kualitasnya yang rendah. Meskipun demikian, tote bag dari kain blacu banyak diminati oleh masyarakat, terutama sebagai tote bag souvenir pernikahan.

2. Kain Drill

Kain drill memiliki serat bergaris-garis miring yang terbuat dari campuran polyester dan cotton. Harga tote bag dari kain drill akan semakin mahal jika kadar cotton-nya semakin banyak. Ada beberapa ciri yang dapat membedakan tote bag dari kain drill dengan tote bag dari kain lainnya, yaitu permukaan bahan bagian depan dan belakang berbeda, tampak lebih elegan saat digunakan, kuat, tidak mudah kusut, dan warnanya tidak mudah pudar.

3. Kain Kanvas

Kain kanvas yang digunakan untuk membuat tote bag berasal dari kain mori yang mengalami proses pemutihan. Kain kanvas memiliki tekstur lebih tebal, lebih halus, dan tidak kaku sehingga kualitasnya sangat bagus dan sangat nyaman digunakan. Melihat kualitasnya yang bagus dan tahan lama, tidak heran jika tote bag kanvas dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dibandingan dengan tote bag lainnya.

Untuk membuat tote bag dari kain kanvas, Anda dapat menggunakan kain dengan berbagai tingkatan ketebalan, mulai dari yang tipis, sedang, hingga tebal. Anda juga dapat memilih jenis kain yang diinginkan, yaitu kain kanvas bermotif atau kain kanvas polos.

Selain tingkat ketebalan dan jenisnya, Anda juga dapat memilih konstruksi kain kanvas yang diinginkan, seperti konstruksi 37×35 dengan anyaman L&P double warna krem dan putih, konstruksi 64×36 dengan anyaman 2/2 berwarna krem dan putih, konstruksi 96×52 dengan anyaman 2/2, konstruksi 94×52 dengan anyaman 2/2, konstruksi 106×60 dengan anyaman 2/2, konstruksi 110×60 dengan anyaman 2/2, konstruksi 30×28 dengan anyaman 2/2, dan konstruksi 30×28 dengan anyaman L&P double.

4. Kain Baby Kanvas

Tekstur kain baby kanvas lebih tipis, lebih halus, dan tidak terlalu kaku jika dibandingkan dengan kain kanvas serta lebih tebal jika dibandingkan dengan kain blacu. Tote bag kain baby kanvas sering digunakan sebagai tote bag fesyen atau tote bag distro.

5. Kain Spunbond

Tote bag yang terbuat dari kain spunbond sering juga disebut dengan tas furing. Kain spunbond terbuat dari serat yang panjang dan diolah dengan menggunakan cat pelarut yang dipanaskan dan campuran bahan-bahan kimia. Kualitas kain ini memang tidak sebagus kain blacu dan kain kanvas, tetapi tote bag kain spunbond dapat digunakan sebagai pengganti plastik yang kuat, seperti tote bag event dan tote bag promosi.

Jenis-Jenis Tote Bag

jenis tote bag

Di pasaran, Anda dapat memilih berbagai tote bag, baik tote bag polos maupun tote bag bermotif. Jika ingin tampil lebih praktis, sederhana, dan simple, tetapi tetap elegan dan stylish, Anda dapat memilih dan menggunakan tote bag yang polos. Jika ingin tampil lebih berwarna, Anda dapat memilih dan menggunakan tote bag yang bermotif.

Dibandingkan dengan tote bag bermotif, harga tote bag polos memang lebih murah karena proses pembuatannya yang cukup singkat, tidak membutuhkan desain yang cukup rumit, dan tidak membutuhkan cat untuk mewarnainya. Baik tote bag polos maupun tote bag bermotif, dapat diaplikasikan ke beberapa jenis tote bag berikut ini.    

1. Bottle Tote Bag

Bottle tote bag dapat digunakan sebagai tempat untuk menyimpan botol minuman Anda sehingga tidak perlu menggunakan plastik. Selain itu, tote bag ini juga dapat menjadi pelindung jika botol minuman terjatuh. Di negara-negara barat, bottle tote bag digunakan sebagai pembungkus wine atau minuman beralkohol yang akan diberikan pada kerabat atau saudara.

2. Grocery Tote Bag

Sesuai dengan namanya, tote bag ini biasanya digunakan untuk berbelanja sehingga Anda dapat mengurangi penggunaan plastik yang sulit diuraikan. Grocery tote bag terbuat dari kain yang cukup kuat untuk menahan beban belanjaan Anda dan dapat digunakan berkali-kali.

3. Tote Bag Formal

Biasanya, tote bag terbuat dari kain atau plastik yang kuat. Tetapi untuk tote bag formal, bahan yang digunakan adalah kulit sehingga lebih terkesan formal, elegan, dan stylish. Tote bag ini juga ditambahkan dengan kantong dan kancing atau resleting agar barang-barang yang Anda bawa lebih aman, seperti dokumen-dokumen penting, dompet, handphone, dan laptop.

4. Tote Bag Transparan

Saat ini, banyak orang yang menggunakan tas transparan, termasuk tote bag. Bahan yang digunakan untuk membuat tote bag transparan adalah plastik tebal dan kuat sehingga dapat menahan berat beban barang bawaan Anda. Tas ini dapat Anda gunakan saat berlibur atau ke kantor.

5. Yoga Tote Bag

Yoga tote bag sangat cocok digunakan oleh pencinta yoga. Tas ini memiliki dua fungsi sehingga sangat praktis digunakan, yaitu bagian luarnya dapat digunakan untuk menyimpan yoga mat dan bagian dalamnya dapat digunakan untuk menyimpan handuk, pakaian ganti, dan botol minum.

Tips Memilih Tote Bag

tips memilih tote bag

Meskipun lebih praktis, simple, dan mudah digunakan, Anda tetap harus memilih tote bag yang tepat untuk menyimpan berbagai barang bawaan. Berikut ini adalah beberapa tips memilih tote bag yang tepat.

1. Bahan Yang Digunakan

Pilihlah tote bag berbahan kuat dan tahan lama. Selain itu, sesuaikan juga bahan tote bag dengan aktivitas yang dilakukan. Misalnya, menggunakan tote bag berbahan kulit untuk ke kantor dan menggunakan tote bag berbahan kanvas untuk berlibur.

2. Kapasitas Penyimpanan

Sebelum memutuskan untuk memilih tote bag, Anda harus memikirkan barang-barang yang ingin dibawa sehingga dapat menentukan kapasitas penyimpanannya. Hal ini akan mempermudah Anda saat memilih ukuran tote bag yang akan digunakan.

3. Ukuran Tali

Biasanya, tote bag ukuran besar memiliki tali yang panjang sehingga mudah disampirkan di bahu. Sementara itu, tote bag ukuran kecil atau sedang memiliki tali yang lebih pendek sehingga nyaman dijinjing.

Meskipun sangat praktis dan simple, tote bag sangat digemari oleh banyak orang, baik wanita maupun pria, untuk membawa barang-barang yang dibutuhkan.

Pilihlah tote bag yang sesuai dengan kebutuhan sehingga Anda merasa nyaman menggunakannya. Selamat beraktivitas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *