sablon kaos vs print kaos

Tahukah Kamu Perbedaan Sablon Kaos Dan Print Kaos?

Sangat memungkinkan sekali kamu akan menemukan berbagai macam dan variasi produk fashion saat ini. Perkembangan zaman tentu saja memberikan banyak pengaruh terhadap perkembangan dunia fashion. Berbagai teknologi pun sudah dimunculkan untuk lebih memudahkan perkembangan tren produk fashion saat ini.

Kaos merupakan satu bagian produk fashion yang banyak digemari, baik itu oleh pria atau pun wanita. Hal ini dikarenakan karena memang kaos merupakan outfit yang mudah dan praktis untuk digunakan serta dapat digunakan untuk berbagai occassion tertentu serta dapat pula dipadu-padankan dengan outfit lainnya. Inilah yang membuat banyak orang lebih memilih mengenakan kaos.

Kaos pun diproduksi dalam bentuk yang sangat beraneka ragam. Mulai dari desain, motif serta bahan yang digunakan untuk membuat kaos tersebut. Memang terdapat perbedaan antara kaos untuk pria dan untuk wanita. Semuanya hanya ingin menunjukan dan menonjokan sisi gender dari kedua peruntukan jenis kaos ini.

Kamu dan sebagian pengguna produk fashion dalam bentuk kaos bisa jadi sangat mengenal produk kaos yang dikenal dengan sablon kaos. Inilah jenis kaos yang dibuat beraneka ragam dan banyak diproduksi pada beberapa tahun lampau. Walaupun saat ini jenis produk kaos sablon masih banyak diproduksi dan digunakan, saat ini pun dimunculkan jenis print kaos sesuai dengan kemajuan perkembangan teknologi. Tahukah kamu apa perbedaan antara sablon kaos dan juga print kaos?

Sablon Kaos

Sablon kaos merupakan jenis produk fashion yang lebih banyak diproduksi dan digunakan. Hal ini memang karena kemudahan dalam produksinya serta produksi sablon kaos dapat dibuat dengan berbagai desai sesuai dengan keinginan, baik itu desain susunan huruf atau kata atau pun desain gambar.

Sablon merupakan salah satu teknik cetak yang digunakan dalam industri konveksi atau garmen. Teknik cetak ini membuat desain yang telah dibuat dalam menempel di kain atau produk fashion yang diinginkan.

Secara khusus, yang dinamakan dengan teknik sablon adalah teknik mencetak menggunakan layar atau screen yang bersifat rapat. Layar inilah yang akan dibuat sebagai pola dasar menurut desain yang akan dicetak di atas kain. Layar ini dibuat dari bahan sutra atau nilon.

Cara kerjanya, kamu harus membuat pola atau desain yang diinginkan di atas layar sablon, kemudian meletakkannya di atas kaos yang akan dicetak di atasnya, dan layar sablon diberi tinta sablon dengan warna tertentu dan kemudian layar tersebut ditindaskan ke atas kaos.

Layar sablon inilah yang digunakan sebagai master untuk mencetak desain. Master ini didapatkan dengan mengafdruk atau mengekpose layar tersebut. Setelahnya, tinggal kamu berikan tinta di atas master dan kemudian dorong dengan bantuan rakel sablon agar warna pada tinta bisa tersalurkan melalui lubang kain screen dan membentuk gambar yang diinginkan. Setelahnya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka kamu perlu menunggu beberapa waktu agar tinta bisa kering.

Teknik sablon ini menjadi pilihan oleh kebanyakan penggelut industri garment di masa beberapa tahun yang lalu karena memberikan banyak kemudahan. Keunggulan yang dimiliki oleh teknik sablon ini adalah bisa digunakan untuk mencetak dalam jumlah yang lebih banyak walaupun kita hanya menggunakan atau memiliki satu master sablon saja. Dan inilah kelebihannya.

Hasil dari teknik sablon ini pun juga relatif stabil dan memiliki kualitas seperti tidak mudah luntur. Walaupun kualitas ini pun akan bergantung dari beberapa kualitas bahan yang digunakan seperti kualitas tinta dan juga bahan kain yang digunakan.

Selain keunggulan di atas, keunggulan dalam hal biaya juga menjadi penyebab banyak digunakannya teknik sablon ini dalam industri konvensi. Harganya cukup terjangkau, karena hanya diperlukan untuk membuat master screen dan jua rakel sablon.

Dalam penggunakan teknik sablon ini, kamu pun dapat menciptakan berbagai efek yang menarik dari desain yang telah dibuat, misalnya teknik glow in the dark ata menyala di kegelapan, efek mengkilap atau metalik serta efek glitters dan juga yang lain. Semua ini bergantung pada jenis tinta yang digunakan. Dan tentunya, jenis tinta ini juga akan memberikan pengaruh pada biaya yang akan dikeluarkan.

Baca juga: Mengenal Tote Bag

Teknik sablon pun bisa digunakan untuk berbagai jenis permukaan bahan. Sehingga, dapat memudahkan proses produksi. Hal lain yang membuat teknik sablon banyak diminati adalah untuk mempelajari teknik sablon ini juga merupakan satu hal yang mudah dipelajari. Serta, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan usaha percetakan lainnya. Beberapa kelebihan teknik sablon inilah yang membuat teknik sablon banyak dipilih oleh industri garmen termasuk juga dalam produksi kaos.

Sablon Kaos Satuan

Teknik sablon banyak dilirik karena memudahkan dalam pencetakannya, terlebih saat mencetak dalam jumlah yang banyak. Karena hanya dengan menggunakan satu master, dapat digunakan untuk mencetak berapapun jumlah yang dibutuhkan. Terlebih, pembuatan master ini pun juga tidak terlalu membutuhkan biaya besar.

Untuk sablon kaos satuan, biasanya, kebanyakan pelaku industri ini tidak banyak menyediakan jasa layanan ini, karena dengan menggunakan teknik sablon ini sudah identik dengan produksi dalam jumlah besar dan tidak dalam unit satuan.

Namun, tetap tidak menutup kemungkinan adanya pelaku industri yang bersedia memberikan layanan sablon kaos satuan. Hal ini bermakna bahwa akan diproduksi satu master sablon untuk satu desain yang diinginkan oleh konsumennya. Desain akan dibuat sesuai dengan desain pesanan dan tentunya tidak akan terpakai lagi setelah penyelesaian produksi pesanan ini.

Master tersebut akan digunakan hanya sekali pakai, yaitu untuk pesanan sablon kaos satuan yang diinginkan oleh konsumen. Hal ini terkadang akan membutuhkan biaya yang lebih mahal. Karena biayanya mencakup biaya pembuatan master sablon dan juga cetak sablon. Lain halnya pada sablon dalam bentuk banyak, biaya pembuatan master hanya satu kali untuk jumlah yang diinginkan dan tentu saja hal ini akan membuat harga master lebih murah.

Hanya saja, sablon kaos satuan ini memiliki kelebihan dalam hal keekslusifan dari desain yang dibuat. Kamu bisa membuat desain kaos yang sesuai dengan keinginan dan selera kamu. Dan akan sangat terttutup kemungkinan bahwa akan ada orang yang memiliki desain kaos yang sama dengan kamu. Di sinilah yang membuat desain kaos dalam satuan unit ini lebih banyak dipilih oleh sebagian orang, terlebih bagi mereka yang lebih mengedepankan soal keekslusifan desain kaos mereka.

Print Kaos

Sebagai mana yang telah disebutkan di awal, perkembangan teknologi juga memberikan imbasnya pada perkembangan dunia fashion. Telah diciptakan beragam alat teknologi yang digunakan untuk menciptakan produk fashion yang lebih sophisticated atau membuat produk fashion lebih mudah diciptakan.

Salah satunya adalah mengenai print kaos. Sejatinya, teknik print kaos ini memiliki konsep dasar yang sama dengan sablon kaos. Hanya saja, sablon kaos menggunakan alat cetak manual tanpa bantuan teknologi yang rumit, sedangkan print kaos menggunakan bantuan alat cetak yang lebih berteknologi.

Disebut dengan istilah print kaos karena master sablon yang dibuat akan dicetak di atas kain atau kaos yang diinginkan dengan cara diprint. Karena itulah, nama lain dari print kaos ini lebih dikenal dengan sebutan sablon digital.

Sebenarnya, untuk pengerjaan sablon digital ini, masih tetap membutuhkan master sablon. Hanya saja, bentuknya berbeda dengan bentuk master dari sablon konvensional. Master untuk sablon digital ini biasanya berbentuk file komputer yang sudah siap cetak. Kelebihan dari master komputer ini adalah kamu dapat menciptakan desain untuk kaos kamu dalam berbagai desain yang diinginkan, dengan kombinasi perpaduan warna yang tak terbatas, serta bentuk atau desain yang juga bisa diciptakan lebih rumit dibandingkan dengan master sablon konvensional. Terlebih dalam hal warna, kamu dapat memilih berbagai jenis warna yang diinginkan sedangkan untuk sablon konvensional, biasanya hanya dapat menggunakan satu jenis warna saja.

Hal ini memang menjadi kelebihan dari sablon digital ini. Bagi kamu yang sudah mahir dalam mengoperasikan software komputer untuk membuat desain, maka kemudahan memadukan warna dan desain akan mampu untuk menciptakan desain yang apik.

Satu perbedaan lain yang dimiliki oleh sablon digital atau print kaos ini dibandingkan dengan sablon kaos adalah alat cetak yang digunakan. Jika sablon kaos menggunakan master sablon yang diberikan tinta dan kemudian dicetakan pada kaos dengan melapiskan tinta pada kaos menggunakan rakel sablon, untuk print kaos ini, master desain kaos yang sudah dibuat akan dicetakkan dengan menggunakan alat cetak khusus untuk mencetakan desain di atas kain atau kaos, misalnya printer khusus atau alat cetak khusus.

Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh teknik print kaos ini.

  1. Tidak adanya minimum order. Hal ini tentu saja disebabkan oleh kemudahan dalam pembuatan master. Sehingga, untuk master sablon dapat diproduksi sesuai dengan pesanan konsumen, baik dalam jumlah besar atau kecil bahkan satuan. Ditambah lagi, tidak ada biaya khusus yang diperlukan untuk membuat master ini. Karena master sudah dibuat dengan menggunakan file dan software pembuat desain yang ada di komputer.
  2. Waktu pengerjaan print kaos juga relatif singkat dibandingkan dengan sablon kaos atau sablon manual. Sekali lagi, ini berkaitan dengan pembuatan desain atau master sablon yang bisa lebih praktis, tak banyak makan waktu dan biaya. Setelah master terbuat, maka master dapat segera dicetak di atas kaos untuk menjadi produk print kaos yang diinginkan.
  3. Media yang digunakan pada teknik print kaos ini adalah transfer paper. Transfer paper inilah yang digunakan sebagai master desain dan kemudian digunakan untuk mencetak desain yang sudah dibuat di atas kaos. Ada beberapa jenis kertas yang dapat digunakan sebut saja vinyl, glitter, beludur, oracle serta glow in the dark dan juga beberapa hal yang lain.

Namun, untuk perkembangan teknologi mutakhir, tak perlu lagi dibutuhkan transfer paper ini. Teknologi ini dikenal dengan istilah DTG atau direct to garment. Teknik ini membuat proses lebih praktis karena tidak membutuhkan transfer paper lagi. Master desain yang sudah dibuat akan dicetakan langsung ke kaos atau kain yang diiginkan melalui media DTG ini. Media yang digunakan adalah langsung pada kaos atau kain yang akan dicetak.

Baca juga: Permainan anak

Tentu hal ini sangat berbeda dengan teknik sablon manual yang membutuhkan adanya kertas HVS yang digunakan untuk membentuk pola pada master sablon. Kemudian akan dicetakan ke atas kaos dengam meratakan tinta yang telah diberikan di atas master sablon ini.

  • Keekslusifan desain. Dengan kemudahan menciptakan master desain untuk diprint, desain yang dibuat dapat dicetak pada satu kaos saja. Inilah yang kemudian akan menciptakan keekslusifan dari desain tersebut. Karena bisa dicetak dalam satuan unit saja.
  • Untuk perihal kualitas hasil kaos, hasil cetakan untuk print kaos ini kembali merujuk pada jenis tinta dan alat cetak yang digunakan. Bisa jadi, kamu akan menemukan satu kaos hasil print kaos dengan hasil cetakan yang akan pecah saat ditarik. Namun, di saat lain akan menemukan hasil yang lebih baik. Semuanya bergantung pada bahan yang digunakan.

Inilah beberapa perbedaan dan juga keunggulan yang dimiliki oleh teknik print kaos atau yang disebut dengan sablon digital dibandingkan dengan teknik sablon kaos atau sablon konvensional. Terdapat pula beberapa jenis sablon yang berbeda yang disesuaikan dengan bahan yang digunakan serta teknik dalam pengerjaannya. Semua memberikan penitikberatan yang berbeda.

Print Kaos Satuan

Seperti yang telah disebutkan lebih awal, print kaos satuan menjadi satu hal yang lebih mudah dikerjakan dibandingkan dengan sablon kaos. Hal ini disebabkan pada pembuatan master desain yaitu master desain untuk print kaos adalah dalam bentuk file komputer yang lebih mudah dibuat dan juga dicetak.

Sehingga print kaos satuan akan mudah dibuat. Untuk pelaku usaha print kaos, keinginan konsumen untuk print kaos secara satuan akan lebih mudah dilayani bahkan ini dijadikan sebagai salah satu keunggulan bisnis mereka. Dengan mampu menciptakan print kaos dalam unit satuan maka keekslusifan desain yang diinginkan dapat lebih ditonjolkan.

Seorang konsumen dapat untuk dibuatkan satu desain ekslusif yang memang khusus untuk dirinya. Misalnya, seorang bapak ingin memberikan hadiah atas kelulusan anaknya dalam bentuk kaos, maka ia pun akan meminta untuk dibuat desain kaos sesuai dengan keinginanya, misalnya dengan rangkaian kata ucapan selamat plus dengan tambahan gambar yang disesuaikan dengan kata-kata tersebut.

Sehingga, dengan ini, seseorang bahkan akan lebih mudah menciptakan kaosnya sendiri yang berbeda dengan kaos yang dimiliki oleh orang lain. Kelebihannya lagi, tidak diperlukan biaya tambahan atau biaya yang lebih mahal untuk membuat ini, biaya untuk membuat kaos satuan dengan kaos dalam jumlah yang banyak bisa jadi sama, yaitu untuk biaya cetak dan juga biaya bahan kaos.

Pengerjaan pembuatan kaos juga tak membutuhkan waktu yang lama bahkan hampir sama dengan pengerjaan kaos dalam jumlah yang lebih banyak. Waktu tersebut adalah untuk membuat desain cetak dan kemudian untuk mencetak desain di atas kaos.

Inilah beberapa kelebihan dan kemudahan yang dimiliki oleh print kaos satuan ini. Bagi kamu yang menginginkan dan mengedepankan kesklusifan desain, pilihan print kaos satuan menjadi satu solusi terbaik dan termudah untuk kamu. Jadi, sudah tergambar apa saja perbedaan antara sablon kaos dan print kaos. Sejatinya, kedua jenis ini memiliki teknik yang sama, perbedaan hanya terletak pada bahan dan alat yang digunakan. Kamu pun kemudian dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kamu sampai akhirnya dapat memilih teknik mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu tersebut. Selamat berkreasi dengan teknik sablon yang kamu inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *