model kerudung

7 Jenis Kerudung Yang Perlu Kamu Tahu Perbedaannya

Menutup aurat, termasuk halnya rambut, adalah kewajiban bagi seluruh muslimah tanpa terkecuali. Bahkan, membangun kesadaran untuk hijab bisa dilakukan sedari usia anak-anak. Kabar baiknya, tren kerudung atau hijab sejauh ini semakin berkembang terutama di negara-negara yang mayoritas penduduknya beragam Islam. Jenis-jenis kerudung semakin bervariasi sehingga memudahkan para muslimah dalam memilih dan menyesuaikan dengan bentuk wajah serta kebutuhan. Dari sekian banyak variasi kerudung, paling tidak ada 7 jenis kerudung yang perlu kamu tahu.

Ada 7 jenis kerudung yang perlu kamu tahu ini barangkali dapat menginspirasi kamu yang belum mengenakan hijab. Yuk ketahui jenis-jenis tersebut satu per satu:

1.Kerudung Segi Empat

Kerudung segi empat termasuk jenis yang paling lama dikenal di kalangan muslimah. Kerudung ini hanya berupa sehelai kain yang dipotong dalam pola segi empat dengan beberapa pilihan dimensi. Dimensi standar 110×110 cm, sedangkan untuk yang jumbo 150×150 cm.   

Sekeliling kerudung segi empat biasanya mendapat jahit pinggir biar terkesan lebih rapi. Namun perkembangan model hijab memberi kebebasan pada produsen untuk tidak menambahkan jahitan pinggir. Jadi, pinggiran sekeliling kerudung segi empat sengaja dibiarkan gundul. Bahkan, serat-serat yang terurai di sekelilingnya mampu menambah nilai seni dari kerudung jenis ini.

Kerudung persegi diprediksi akan hits sepanjang zaman. Sebab, kerudung ini sifatnya sangat fleksible. Dalam artian, cocok dikenakan oleh muslimah di semua kalangan usia. Juga, bisa dipakai untuk acara-acara resmi maupun santai.

Berdasarkan bahannya, kerudung segi empat terbagi atas beberapa jenis, antara lain:

1.1. Kerudung Paris

Kerudung atau jilbab paris pernah booming sekitar satu dekade silam. Kerudung ini terbuat dari bahan katun paris yang terkenal adem dan ringan. Susunan seratnya tidak terlalu rapat, sehingga membutuhkan pelapis tambahan (inner) agar tidak menerawang.

Kerudung paris mudah diaplikasikan karena kainnya tidak kaku. Meski pamornya tidak seheboh dulu, namun kerudung paris masih tetap diperhitungkan sampai saat ini. Penggemarnya biasanya lebih banyak dari kalangan pelajar atau mahasiswa.

1.2. Kerudung Satin

Jenis kerudung segi empat lainnya adalah kerudung satin. Sesuai dengan namanya, kerudung ini terbuat dari bahan satin. Permukaannya mengkilap sehingga apik sekali digunakan untuk acara-acara pesta.Tetapi sifat kainnya licin sehingga agak repot diaplikasikan. Butuh bantuan beberapa buah jarum supaya kerudung ini tetap terbentuk rapi di kepala.

Kerudung  satin sangat diandalkan untuk pengantin muslimah. Dipadu dengan aksesoris tambahan dipastikan dapat membuat look kerudung ini jadi elegant.

1.3. Kerudung Rawis

Ini dia jenis kerudung segi empat yang tengah hits beberapa waktu terakhir. Kerudung rawis mudah dikenali dari  model pinggirannya yang tidak berjahit. Serat-serat kain sengaja dibiarkan terjurai. Namun ciri khas itu pula yang sekaligus menjadi kelemahan kerudung rawis. Sebab, serat-serat yang menjurai tersebut mudah sekali kusut ketika dilipat atau selesai dicuci. Bahkan terkadang tidak bisa kembali rapi 100% seperti semula.

Yang membuat kerudung ini digemari semua kalangan adalah karena bahannya lembut dan cukup tebal. Sehingga aman dikenakan walau tanpa pelapis. Selain itu, pengaplikasiannya termasuk ringkas karena tidak licin di kepala.

1.4. Kerudung Viscose

Bahan viscose lumayan sering dimanfaatkan untuk pembuatan kerudung. Viscose dikenal juga dengan rayon. Bahan ini sangat ringan di kepala dan punya sirkulasi udara yang cukup bagus. Jadi kepala tidak mudah berkeringat saat menggunakannya. Bahannya pun sangat lembut dan tidak seberapa licin.

Kerudung viscose segi empat cocok dikenakan dalam berbagai event. Apalagi, kerudung jenis ini tersedia dalam banyak variasi: polos maupun bercorak. Hanya saja, viscose termasuk kain yang butuh perlakuan khusus, baik saat dikenakan, dicuci, ataupun disetrika. Serat kainnya lemah dan rentan bergeser. Penggunaan jarum pentul atau brosch berpotensi meninggalkan lubang pada permukaan kain. Maka sebaiknya gunakan penyemat seperti jepitan Turki.

Tidak dianjurkan juga menggunakan cairan pemutih saat mencuci kerudung viscose. Untuk mempertahankan warna dan kelembutannya, sangat bagus jika menggunakan softener.

1.5. Kerudung Tie Rack

Tie Rack terlanjur dikenal sebagai salah satu jenis segi empat. Padahal, Tie Rack merupakan brand. Popularitasnya di kalangan hijaber lejit sejak beberapa tahun silam. Materialnya terbuat dari bahan shawl yang lembut dan lemas. Biasanya, di sekeliling pinggiran jilbab juga tidak diberi jahitan sebagaimana jilbab rawis. 

Tie Rack cukup mudah diaplikasikan. Bahkan untuk wanita yang belum terlalu terampil memasang  kerudung, jenis ini bisa jadi pilihan. Kelemahannya nyaris sama dengan kerudung viscose dimana susunan seratnya longgar atau mudah bergeser. Apalagi jika kamu menggunakan jarum pentul atau brosch sebagai penyemat. Satu lagi, bahan ini tidak cukup baik dalam menyerap keringat. Karena ketebalannya, butuh waktu lama untuk mengeringkan kerudung tie rack saat basah.

1.6. Kerudung Monokrom

Di tahun 2016 silam, dunia perhijaban diramaikan dengan hadirnya model kerudung persegi terbaru, yakni kerudung monokrom. Ciri khas kerudung ini sangat lekat sekali di benak kita karena hanya menggabungkan dua kombinasi warna hitam dan putih saja. Sementara coraknya berupa garis-garis dengan susunan yang artistik, semisal zigzag, heksagonal, kotak-kotak, dan sebagainya.

Bahan kerudung monokrom terbuat dari katun. Testur permukaannya halus dan adem digunakan. Tetapi sedikit kaku sehingga agak sulit dikreasikan sesuai keinginan.

1.7. Kerudung Renda Tasel

Pilihan lain dari kerudung persegi yang tak kalah menawan adalah kerudung renda tasel. Sebetulnya, renda tasel  hanya aksesoris tambahan yang melekat pada sekeliling kerudung saja. Namun renda tasel itu pula yang membuat looks kerudung ini jadi tambah bernilai ketimbang polos biasa.

Renda tasel dirancang seperti lonceng yang terbuat dari tali. Agar lebih eye catching, sengaja dibuat berwarna-warni. Sedangnkan kain dasar kerudungnya sendiri bisa menggunakan bahan katun paris ataupun katun silky. Asalkan tidak terlalu tipis dan licin.        

Kerudung renda tasel paling diminati kalangan muda, terutama remasa. Akan tetapi, mencuci kerudung ini harus extra hati-hati. Sebab satu ikatan lonceng renda saja rusak maka secara keseluruhan kerudung ini jadi tidak menarik dipandang lagi.

1.8. Kerudung Denim

Siapa bilang bahan denim hanya bisa dimanfaatkan untuk busana saja? Kerudung pun sangat memungkinkan menggunakan bahan yang disebut-sebut sebagai semi jeans ini. Konon, bisa menciptakan kesan awet muda bagi yang mengenakannya.

Baca juga: Tas simple serbaguna

Meski teksturnya halus, namun sifat kainnya agak kaku. Sehingga tampak mengembang  ketika diurai ke dada atau bertumpuk tebal jika dililit di leher. Sangat cocok untuk suasana santai atau semi formal seperti ke kantor. Tetapi tidak terlalu pantas digunakan untuk event-event formal.

1.9. Kerudung Organza

Kerudung persegi dari bahan organza pernah booming beberapa tahun yang lalu di kalangan hijaber. Organze merupakan suatu bahan yang sifatnya kaku dan warnanya transparant. Bahan ini dulunya sering diterapkan pada pembuatan gaun-gaun pesta sebagai lapisan luar. Tapi kini dirasa cocok juga untuk dijadikan kerudung. Tampilannya yang mewah membuat kerudung ini hanya cocok digunakan untuk acara-acara pesta.

1.10. Kerudung Hycon

Nah, di antara jajaran kerudung persegi, kerudung dari bahan hycon ini termasuk salah satu primadona. Betapa tidak? Sifat kainnya “nurut” dengan keinginan si pemakai. Ketebalan kainnya pun sedang, sehingga tidak gerah saat dikenakan. Pun, tidak terlalu membayang ketika kamu enggan menggunakan inner. 

Semakin mengasyikkan karena koleksi warna kerudung hycon terkenal komplit. Jadi bisa diserasikan dengan warna pakaian kamu.

2. Bergo

Jenis kerudung yang perlu kamu tahu berikutnya adalah bergo. Bergo termasuk salah satu kerudung instant. Pemakaiannya sungguh praktis. Tinggal dirosongkan ke kepala maka kerudung sudah langsung terbentuk rapi. Tak perlu alat penyemat dalam bentuk apapun sebagaimana yang kita butuhkan saat menggunakan hijab segi empat. Berkat desain bergo yang semakin berkembang, kamu bahkan tak memerlukan aksesoris tambahan sebagai pemanis, semisal brosch, pin, dan lainnya.

Bergo dilengkapi dengan pet pada bagian depannya. Pet ini membantu membuat bentuk wajah jadi tampak lebih ideal, terutama untuk yang berwajah bulat dan persegi. Dengan bantuan pet, bentuk wajah jadi terkesan lebih lonjong dan proporsional.

Kerudung instant yang satu ini telah menjadi idola kaum ibu-ibu. Mungkin karena sifatnya yang praktis maka bergo menjadi salah satu pilihan tepat untuk ibu-ibu yang enggan repot memasang hijab. Dari segi ukuran, bergo terdiri dari ukuran small, medium, large. Untuk bergo berukuran small, panjang bergo berada di atas  dada. Khusus medium panjangnya sebatas dada atau di bawah dada tak lebih dari satu jengkal. Sementara yang berukuran large, panjangnya dapat menutupi perut. Sedangkan yang berukuran ekstra large, panjangnya melebihi ukuran bergo large. Tepatnya di bawah perut atau bokong dan bisa disebut sebagai kerudung syar’i.

Sama halnya dengan kerudung persegi, bergo juga mempunyai beberapa pilihan bahan, antara lain:

2.1. Bergo Jersey Atau Kaos

Bergo jersey paling popular di antara jenis bergo lainnya. Bahan ini sangat lentur dan mudah menyerap keringat. Di samping itu juga tidak mudah kusut. Kelemahannya, bergo jersey agak berat. Kainnya cenderung mudah luntur dan berbulu. Karena itu proses pencucian pun harus benar-benar diperhatikan.

2.2. Bergo Lycra/Spandek

Bergo lycra tak kalah laris di pasaran. Sifat kainnya lebih lentur daripada jersey. Permukaan kain sangat halus dan terasa dingin jika menyentuh kulit. Hal lain yang disukai wanita dari bergo lycra adalah pilihan warnanya banyak serta tampilannya yang mengkilap. Jadi, terkesan lebih mewah daripada bergo jersey. Ditambah lagi lekas kering setelah dicuci, bahkan hanya dengan diangin-angin saja. Walau demikian, kerudung instant yang satu ini tetap tidak luput dari kekurangan. Lycra termasuk bahan yang paling tidak tahan panas. Salah mengatur suhu setrika, bahan ini akan lengket atau berkerut permanen.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Bandung

2.3. Bergo Chiffon Dan Ceruty

Chiffon dan ceruty mempunyai kemiripan satu sama lain. Namun di kelas tekstil, kualitas ceruty berada di atas chiffon. Kedua bahan tersebut banyak dipilih produsen bergo. Kainnya yang ringan membuat bergo yang terbuat dari bahan ini sangat nyaman dikenakan. Bahkan, cocok diperuntukkan dalam acara-acar resmi seperti menghadiri pesta pernikahan. Dikombinasikan dengan beberapa akesesoris tambahan dipastikan membuat bergo chiffon atau ceruty jadi tampak lebih memukau.

2.4. Bergo Sutra

Di antara bergo lainnya, bergo sutra yang paling berkelas. Bukan rahasia bahwa sutra merupakan kain terbaik di industri tekstil. Sifatnya yang lembut  dan dingin menjadi alasan orang-orang menjatuhkan pilihan pada bergo berbahan sutra.Meski high quality, namun peminat bergo sutra terbatas. Pasalnya, harga bergo sutra dipastikan lebih mahal ketimbang bergo lainnya.

3. Kerudung Pashmina

 Pastinya kamu sudah tau bagaimana bentuk kerudung pashmina itu, bukan? Ya, kerudung pashmina merupakan kerudung yang berbentuk persegi panjang. Walau penggunaannya tidak seringkas kerudung instant, namun peminat kerudung pashmina cukup banyak. Terutama di kalangan hijaber yang senang berkreasi.

“Menakhlukkan” kerudung pashmina memang gampang-gampang susah. Tapi ketika kamu sudah cukup menguasai tekniknya, berkreasi dengan pashmina terasa sangat mengasyikkan sekali. Apalagi  pashmina termasuk jenis kerudung kekinian yang mampu membuat si pemakai tampak lebih modis.

Menyadari bahwa tidak semua orang terampil memasang pashmina, kini telah hadir pashmina instant atau biasa disingkat dengan istilah pastan. Pastan merupakan pashmina yang sudah terbentuk menjadi suatu model. Jadi tinggal di sorongkan ke kepala saja, hasilnya langsung rapi. 

Bahan yang digunakan untuk kerudung pashmina tak ada beda dengan kerudung persegi. Namun, tentu tidak semua bahan nyaman di kepala. Beberapa bahan pashmina yang paling direkomendasikan adalah:

3.1. Pashmina Katun

Kain katun selalu menjadi pilihan nomor satu untuk kerudung jenis segi empat, segi tiga, dan pashmina. Sebab, seratnya rapi dan cukup rapat. Katun juga mempunyai sirkulasi udara yang bagus agar orang yang menggunakannya senantiasa merasa adem.

3.2. Pashmina Ceruti

Ceruti juga bahan yang direkomendasikan untuk kerudung pashmina. Sebab, bahan ini ringan namun cukup mudah disetel sesuai keinginan. Penggunaannya cocok untuk segala situasi, termasuk acara-acara formal sekalipun seperti pesta pernikahan. Apalagi kini ceruti sudah banyak jenis dan tingkatan mutunya. Salah satunya ceruti glitter yang sangat mewah sekali jika dijadikan pashmina. Bahkan, mampu menggeser kedudukan pashmina satin yang dulu banyak dipakai untuk acara-acara formal.

3.3. Pashmina Rawis

Seakan tak mau ketinggalan dengan kerudung persegi, pashmina juga menghadirkan model rawis. Pashmina rawis ini bahkan tengah hits sejak beberapa tahun terakhir sampai sekarang. Material dasarnya bermacam-macam, namun yang paling popular adalah pashmina rawis kusut dan ombre. Pashmina rawis kusut ditandai melalui permukaan kain yang berkerut-kerut halus dan jurai-jurai serat keriting. Sekilas memang tampak tak menarik. Namun ketika dikenakan di kepala, looks-nya tidak akan mengecewakan. Sedangkan pashmina ombre mempunyai ciri khas warna kain yang bergradasi. Mulai dari tone paling pekat hingga termuda.

3.4. Pashmina Gliter

Pashiman gliter punya tampilan yang sangat mencolok dibandingkan jenis kerudung pashmina lainnya. Butiran-butiran gliter yang tersebar di permukaan kain berkilauan bak taburan berlian. Apalai di bawah sorotan lampu atau terpaan sinar matahari, kilaunya akan semakin kentara. Karena itu, pashmina gliter tidak bisa dikenakan sesering mungkin. Hanya cocok untuk acara-acara formal seperti pesat pernikahan, gala dinner, wisuda, dan sebagainya. Umumnya pashmina gliter berbahan dasar rajut halus. Jadi sangat lembut dan lentur. Mudah dikreasikan menjadi kerudung ataupun turban.

4. Syiria

Syiria juga termasuk ke dalam daftar jenis kerudung yang harus kamu tahu. Mengapa demikian? Sebab, syiria termasuk salah satu kerudung yang paling sering digunakan muslimah. Hanya saja, mungkin tidak semua orang mengenal namanya.

Karakteristik kerudung syiria hampir persis dengan bergo. Keduanya sama-sama tergolong kerudung instant yang pemakaiannya mudah dan cepat. Perbedaannya hanya terletak pada bagian depannya saja dimana bergo disertai dengan pet sedangkan syiria tidak. Selebihnya, apa yang bisa kita lihat dari bergo dapat pula kita temukan pada syiria.

Karena syiria tidak memiliki pet, kerudung instant jenis ini kurang cocok bila dikenakan oleh wanita berwajah bulat. Sebab, wajah bulat kamu akan terbentuk semakin tegas. Kebalikannya, syiria menjadi pilihan tepat untuk pemilik wajah oval atau tirus.

Dulu, syiria dikenal sebagai kerudung instant paling sederhana. Berkat perkembangan dunia fashion moeslem, kerudung syiria mulai  mulai mendapat sentuhan modifikasi dengan  penambahan aksen-aksen tertentu. Semisal, syiria dengan aksen layer, syiria dengan gelombang neci di tepi bagian bawahnya, syiria berumbai,dan syiria serut/bertali.

5. Hoodie

Di Indonesia kerudung hoodie pertama kali dipopulerkan oleh selebriti cantik, Zaskia Sungkar. Kerudung hoodie ini mirip sekali dengan kapucong jaket. Pemakaiannya yang begitu ringkas menjadikan kerudung ini masuk ke dalam ranah kerudung instant. Tersedia dalam berbagai jenis bahan, warna, serta mampu membuat penampilan jadi lebih kekinian adalah segenap alasan mengapa banyak wanita memilih hoodie sebagai hijab.

6. Khimar

            Khimar bukan sesuatu yang baru di dalam dunia fashion moeslem. Selain burqa, wanita-wanita di beberapa negara Timur Tengah menggunakan khimar dalam keseharian mereka. Di Indonesia, khimar baru melejit sekitar lima tahun silam. Saat itu, model khimar yang hits adalah khimar layer atau tumpuk.

Khimar digolongkan sebagai salah satu kerudung syar’i yang ideal untuk para muslimah. Semua kerudung syar’i wajib memiliki panjang melewati batas dada. Itu sebabnya, rata-rata khimar dibuat dalam ukuran jumbo dengan panjang minimal sebatas perut. Bahkan, ada khimar yang panjangnya sampai ke lutut.

Dahulu, kerudung syar’i yang dinamakan khimar ini didesain amat sederhana. Cenderung polos tanpa aksen apapun. Sasarannya lebih kepada wanita-wanita berumur. Tapi kini, khimar hadir dengan detail beragam. Ada yang polos, kombinasi warna, bercorak, berbelah depan, dan sebagainya.

7. Kerudung Berlengan

Kerudung berlengan atau dikenal juga dengan kerudung cape membawa ingatan kita pada model mukena Dubai yang pemakaiannya mirip seperti baju. Ya, kerudung berlengan memang sengaja didesain menyatu dengan baju sekaligus. Model seperti ini juga termasuk jenis kerudung syar’i  instant karena potongannya longgar serta menutupi seluruh wilayah dada. Sayangnya, di Indonesia kerudung berlengan seperti ini tidak terlalu diminati. Mungkin karena modelnya agak monoton dan repot jika ingin lepas pasang, maka sebagian orang kurang tertarik menggunakannya.

Ketujuh jenis kerudung yang harus kamu tahu di atas berlaku pula untuk kerudung anak. Hanya kerudung berlengan saja yang mungkin jarang kita temukan untuk anak-anak. Jika tempo dulu kerudung anak selalu berjenis bergo atau syiria dalam ukuran medium, kini anak-anak punya banyak pilihan kerudung yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum membeli kerudung jenis apapun demi menjaga nilai-nilai kepatutan kita saat menggunakannya, yakni:

  • Tidak menggunakan aksesoris berlebih-lebihan pada kerudung. Sebab suatu sikap yang berlebih-lebihan sangat dilarang dalam Islam.
  • Mengombinasikannya dengan pakaian yang cukup longgar, bukan pakaian pas body walau dengan alasan modis sekalipun.
  • Pilih bahan paling nyaman menurut kamu supaya kamu betah saat memakainya. Hal ini sangat perlu diterapkan bagi wanita-wanita yang baru berhijab dan anak-anak. Mereka butuh penyesuaian terlebih dahulu sampai akhirnya bisa benar-benar merasa nyaman mengenakan kerudung.
  • Perbanyak warna-warna netral supaya mudah dipadupadankan dengan pakaian. Menggunakan kerudung dengan warna yang terlalu mencolok pun tidak terlalu pantas bagi seorang muslimah. Hal tersebut berlaku juga untuk jilbab anak-anak.

Itulah uraian mengenai 7 Jenis kerudung yang perlu kamu tahu. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu tak keliru lagi mengenali jenis-jenis kerudung yang ada satu per satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *