kaos wanita

Jenis-Jenis Kaos Wanita Yang Sangat Bervariasi

Fashion menjadi satu hal yang sangat diperhatikan oleh sebagian besar kalangan wanita. Bisa jadi juga Anda. Karena dengan fashion, seorang wanita akan terlihat memiliki penampilan yang indah dan menyenangkan. Saat ini pun, ada berbagai macam produk fashion yang dikeluarkan oleh pasar guna memanjakan wanita akan kebutuhannya terhadap produk fashion. Mulai dari fashion untuk bagian atas tubuh wanita sampai bagian bawah sudah tersedia dengan berbagai macam pilihan. Sebut saja dari topi, bandana, kaos, celana, kaos kaki, serta berbagai aksesoris pelengkap lainnya.

T-Shirt Atau Kaos

Dalam bahasa Inggris, kaos disebut dengan istilah T-shirt. Hal ini dikarenakan bentuk kaos yang seperti huruf T, sehingga disebut dengan istilah T-shirt ini. Dalam bahasa Indonesia, istilah kaos sudah identik dengan jenis pakaian atasan yang umumnya berbentuk longgar dan dapat digunakan untuk pria dan wanita serta memiliki motif yang sangat beragam.

Kaos Wanita

Salah satu jenis fashion yang sering kali menjadi pilihan para wanita dan bisa juga Anda adalah jenis kaos. Kaos merupakan atasan yang dapat dipakai dengan mudah dan praktis karena bisa langsung masuk dan dipakai tanpa adanya kancing atau aksesoris tambahan lainnya.

Kaos dapat dibuat dari berbagai bahan, mulai dari bahan yang ringan sampai bahan yang lebih berat. Selain itu, motif dari kaos pun juga sangat beraneka ragam, mulai dari motif bergambar, motif huruf yang dibentuk dalam kata dan kalimat, atau bahkan beberapa motif khas lain seperti motif salur atau polkadot dan juga yang lain.

Terlepas dari bahan dan motif yang digunakan dalam kaos wanita, kaos tetap menjadi pilihan sebagian wanita untuk kesempatan tertentu di mana kaos menjadi outfit yang sesuai untuk kesempatan tersebut.

Hanya saja, memang terdapat sedikit perbedaan antara kaos wanita dan kaos yang biasa dipakai oleh kaum laki-laki. Kaos wanita dari segi motif, bentuk dan design tentu menonjolkan sisi kewanitaannya dan kefeminimannya sehingga akan mampu menciptakan kaos untuk wanita yang sesuai dengan diri dan sifat wanita.

Walaupun, secara keseluruhan, jenis kaos wanita dan pria akan memiliki penampilan sekilas yang sama. Yaitu bentuk atasan yang simple dengan lubang untuk leher dan lengan serta memiliki lengan panjang atau pendek. Bahkan, kaos pria pun masih tetap bisa digunakan oleh kaum wanita, hanya saja, biasanya kaos pria akan dibuat dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kaos wanita.

Jenis Kaos Wanita Yang Beragam

Seperti yang telah disebutkan, jenis kaos untuk wanita ini akan sangat beragam, bisa dilihat dari ukuran, desain, motif dan juga yang lainnya. Begitu beragamnya jenis kaos ini tentu saja menyesuaikan dengan kriteria dari wanita yang memang sangat fleksibel dan berkembang serta selalu ingin untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Semuanya berujung agar kaos ini dapat memperindah penampilan wanita itu sendiri. Berikut ini adalah klasifikasi jenis kaos yang dapat dibuat berdasarkan kriteria tertentu.

Ukuran

Berdasarkan ukuran, kaos untuk wanita bisa dibagi menjadi kaos oblong dan juga kaos ketat. Dari nama atau penyebutan kaos ini, sejatinya kita akan bisa untuk membedakan dua jenis kaos ini. Kaos oblong adalah jenis kaos yang memiliki ukuran lebih longgar. Inilah makna dari kata oblong yang dipakai, dimana oblong ini berasal dari bahasa jawa yang bermakna longgar atau luas. Sehingga ketika memakai kaos oblong ini, wanita akan tampak lebih santai dan tak banyak menonjolkan lekuk tubuhnya.

Jenis yang kedua adalah kaos ketat. Disebut dengan ketat bermakna bahwa kaos ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan ukuran tubuh wanita atau bahkan lebih kecil. Sehingga saat dipakai, kaos ini akan menempel begitu ketat ke badan wanita, dan inilah mengapa dikenal atau disebut dengan kaos ketat.

Kedua jenis kaos wanita berdasarkan ukuran ini bisa dipakai oleh wanita untuk beberapa kesempatan yang berbeda. Kaos oblong tampak begitu simple dan praktis serta nyaman dipakai. Sedangkan kaos ketat akan cenderung lebih membuat gerah karena pakaian tepat menempel di tubuh. Sehingga, kriteria ini dapat disesuaikan dengan kesempatan saat mengenakan dua jenis kaos ini.

Design

Pembagian jenis kaos berdasarkan designnya, dapat dilihat dari beberapa bagian kaos itu sendiri, misalnya dari bentuk leher, atau juga ukuran lengan. Dari bentuk leher, jenis kaos akan disesuaikan dari nama atau penyebutan aneka ragam bentuk leher ini, sebut saja dari V-neck, O-neckatau crew neck, turtlle neck, U-neck dan juga Y-neck. Semua penyebutan ini disesuaikan dengan bentuk dari leher kaos.

V–neck adalah kaos dengan leher berbentuk seperti huruf V. U-neck atau crew neck adalah kaos dengan bentuk leher seperti huruf U atau bulat. Turtlle neck adalah jenis kaos dengan leher yang dibuat memanjang ke bagian atas leher. Pemakai kaos turtlle neck akan lebih terlindungi area lehernya atau menjadi lebih hangat.

Sedangkan untuk U-neck adalah kaos dengan leher berbentuk huruf U. Dan Y-neck adalah kaos dengan design leher berbentuk huruf Y. Untuk kaos Y-neck ini biasanya juga dikombinasikan dengan aksesoris kancing permanent beberapa centimeter ke bagian bawah. Sehingga, akan tampak seperti  bagian yang bisa dibuka. Memang terkadang dibuat dengan kancing yang bisa dibuka atau tidak bisa dibuka. Untuk kaos wanita, semua jenis design bentuk leher ini dapat disesuaikan dengan keadaan dari si wanita dan juga acara saat mengenakan kaos ini.

Design yang kedua dapat dilihat dari ukuran lengan, jadi akan Anda dapatkan jenis kaos berlengan panjang dan berlengan pendek. Perbedaan kedua jenis ini hanya terdapat pada perbedaan ukuran lengan kaos saja. Hanya saja, saat ini, juga dikembangkan jenis kaos tanpa lengan, yang dikenal dengan istilah u-can-see. Jenis kaos ini terkesan lebih feminim dan khas untuk wanita. Selain itu, juga ada jenis kaos dengan lengan sampai siku saja sehingga terkesan tidak pendek, namun juga tidak terlalu panjang.

Kaos Polo

Desain selanjutnya dari kaos wanita ini adalah kaos yang dikenal dengan sebutan kaos polo. Kaos polo ini adalah jenis kaos yang memiliki kerah dibagian atasnya dan juga beberapa bagian yang atas yang memiliki kancing. Sehingga dapat disebut bahwa kaos polo ini adalah perpaduan antara kaos dan juga kemeja. Karena bagian atas seakan merupakan design dari kemeja namun bagian bawah adalah desain dari kaos.

Kaos Raglan

Jenis selanjutnya dari kaos wanita adalah jenis kaos raglan. Kaos ini memiliki kekhasan design dimana antara warna bagian lengan dan warna bagian kaos lainnya memiliki perbedaan, walaupun memiliki jenis bahan yang sama. Kaos raglan ini memiliki degradasi warna yang lebih mencolok antara dua bagian kaos ini. Namun tetap menggunakan warna yang senada sehingga masih terkesan menyatu.

Jika pada kebanyakan kaos, sambungan tangan dibuat tegak lurus atau diagonal dari bagian ketiak ke bagian pundak luar, untuk jenis kaos raglan ini, sambungan dibuat miring dari arah ketiak langsung menuju ke bagian lubang leher. Sehingga kaos raglan memiliki pola tangan dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kebanyakan desain kaos pada umumnya.

Desain lainnya dari kaos untuk wanita adalah kaos dengan desain pemberian kerutan. Kerutan ini sejatinya lebih bertujuan untuk menonjolkan sisi kefeminiman dari wanita sehingga diberi desain kerut pada kaos. Kerutan ini bisa dibuat pada bagian sisi kanan atau kiri dari kaos. Kerutan ini biasanya berada di bagian bawah. Untuk jenis ini, kaos ini disebut dengan istilah t-shirt with side-bow atau kaos dengan kerutan samping.

Motif

Untuk pembagian motif dari kaos wanita, ini pun juga sangat beraneka ragam bahkan dapat dikatakan sangat banyak. Karena wanita memang memiliki fashion dengan variasi yang lebih beragam dibandingkan dengan fashion laki-laki.

Motif untuk kaos wanita ini bisa dengan berbagai gambar, misalnya gambar hewan, gambar bentuk, motif polkadot, motif kotak-kotak, motif garis-garis atau salur serta beberapa motif yang lain, misal motif kata-kata atau bahkan kalimat yang disusun dengan makna yang menarik.

Selain dari beberapa motif yang sudah disebutkan di atas, ada satu lagi motif yang masih dapat digunakan untuk membuat kaos, yaitu motif batik. Kebanyakan batik hanya digunakan untuk kemeja atau pakaian formal lainnya. Namun, kaos pun bisa dibuat dari kain yang bermotif batik atau kain untuk kaos yang sengaja dibuat dengan motif batik. Hal ini tentu saja akan memberikan kesan lebih formal pada kaos itu sendiri dimana pada awalnya kaos sangat identik dengan kesan tidak resmi atau casual.

Bahan Kaos Untuk Wanita

Jenis kaos untuk wanita ini juga dapat dilihat dari bahan yang digunakan. Sebagian besar kaos memang dibuat dari bahan yang ringan dan terkesan simple. Namun tetap saja ada sebagian kaos yang dibuat dari bahan yang tak memiliki kedua sifat ini.

Kebanyakan kaos dibuat dari bahan kaos. Bahan kaos ini pun sangat beraneka ragam mulai dari gradenya sampai kualitasnya. Ada yang tebal dan ada pula yang tipis bahkan sangat tipis. Semua perbedaan ini pun juga masih dapat dibedakan lagi. Sebagai contoh, bahan rayon hyget merupakan jenis kain yang biasanya digunakan untuk membuat kaos-kaos partai. Bahan ini ringan dan tipis sekali.

Mengikuti perkembangan zaman, kaos pun dapat dibuat dari beberapa bahan lainnya yang di zaman dulu bahan tersebut tidak digunakan untuk membuat kaos. Sebut saja dari bahan rajutan, kaos untuk wanita zaman sekarang pun ada yang dibuat dari bahan rajutan.

Kain katun juga dapat digunakan sebagai kaos wanita karena terkesan lebih halus dan juga memiliki motif yang sangat beragam dan tak monoton. Hanya saja, kain katun ini akan terkesan lebih panas dibandingkan dengan penggunakan kain kaos.

Perbedaan Kaos Wanita Dan Kaos Pria

Secara penampilan, memang kaos untuk wanita akan lebih beragam dengan desain dan motifnya yang lebih menarik dibandingkan dengan kaos untuk pria. Kaos untuk pria hanya dibuat dengan desain yang lebih simple tanpa adanya embel-embel yang lebih rumit.

Kaos wanita ini biasanya dibuat dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kaos pria. Serta desain yang dibuat, kaos wanita lebih mengikuti bentuk tubuh atau dibuat lebih menempel di badan. Sedangkan untuk kaos pria, desain kaos hanya dibuat lurus saja tanpa adanya garis kaos untuk mengikuti bentuk badan pria.

Untuk penggunaan kaos, Anda tetap dapat mempergunakan kaos ini untuk berbagai macam kesempatan atau acara. Hanya saja, memang ada beberapa acara tertentu yang tidak memperbolehkan atau tidak layak mempergunakan kaos. Misalnya acara formal.

Namun, dengan semakin beragamnya jenis kaos untuk wanita yang ada saat ini, sejatinya kaos masih dapat dipadu padakan dengan aksesoris dan juga outfit lainnya bagi wanita sehingga akan terkesan lebih formal dan lebih enak dipandang.

Berapa Harga Kaos Wanita?

Dibandingkan dengan jenis outfit lainnya, dapat dikatakan bahwa kaos merupakan satu bagian fashion yang memiliki harga yang masih di bawah harga dari outfit lain, misalnya celana, kemeja atau outfit lain. Hal ini bisa disebabkan karena memang kaos merupakan jenis pakaian yang dibuat dengan desain yang sangat simple dan sederhana sehingga tak banyak membutuhkan kerumitan dalam pembuatannya.

Kaos hanya dibuat dengan desain yang tegak lurus. Terlebih, untuk kaos dengan lengan pendek atau tanpa lengan bagi kaos wanita, maka bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan kaos ini akan lebih sedikit dibandingkan dengan bahan pembuatan produk fashion yang lain.

Dua hal ini bisa menyebabkan harga kaos lebih murah dibandingkan dengan harga outfit wanita lainnya. Hanya saja, penentuan harga ini juga didasarkan kepada banyak hal lainnya, misalnya adalah kain pembuatnya, motif yang digunakan serta produsen pembuat dari kaos itu sendiri. Semakin dikenal di pasaran, bisa jadi harga dari satu kaos akan dibandrol lebih mahal dari biasanya.

Kelebihan Dari Kaos Wanita

Seperti yang telah disebutkan di atas, kaos menjadi satu pakaian yang simple dan praktis untuk digunakan. Selain bahannya yang ringan, kaos pun memiliki desain yang rapi dan simple serta tak banyak desain. Inilah yang menyebabkan kaos lebih mudah untuk digunakan pada aneka macam acara atau kesempatan.

Selain itu, kelebihan lainnya dari kaos adalah bahwa kaos dapat dengan mudah untuk dikombinasikan atau dipadupadakan dengan outfit atau aksesoris yang lainnya, baik itu untuk bagian atasan dan juga bawahan.

Sebut saja, bagi wanita, kaos bisa dipadukan dengan celana dan juga rok, baik itu celana atau rok panjang dan rok pendek. Kaos pun masih bisa dikasih tambahan rompi atau dipakai bersamaan dengan blazer atau jaket. Bahkan, dengan memakai kaos, Anda bisa memilih untuk menggunakan jenis tas mana pun sebagai pelengkap, atau memilih untuk mengenakan sandal atau pun sepatu. Semua jenis barang dan aksesoris yang disebutkan ini, akan tampak sesuai dan menciptakan kombinasi tersendiri. Bahkan untuk sebagian wanita yang lebih memiliki sifat simple dan tak mau ribet, kaos selalu bisa menjadi pilihan utama saat berpenampilan.

Inilah  berbagai macam jenis kaos yang tentunya sangat bervariasi. Semua jenis ini sudah disediakan di pasaran dan menjadi pilihan bagi Anda serta kebanyakan wanita lainnya untuk memilih, jenis kaos mana yang akan digunakan. Anda dapat menyesuaikan acara atau kesempatan Anda saat akan memilih aneka jenis kaos yang sudah disebutkan di atas. Semua jenis kaos wanita ini memang sengaja didesain dengan desain yang menonjolkan sisi kewanitaan sehingga memang akan tampak sisi feminim dari kaos itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *