fullprint kaos

Apa Itu Full Print Kaos Yang Digemari Oleh Banyak Orang?

Saat ini, usaha konveksi menjadi usaha yang cukup menjanjikan. Maka tidak heran, banyak orang yang terjun ke dalamnya, baik dalam skala kecil maupun skala besar. Bahkan saat ini, Anda dapat membuat kaos secara satuan, bukan lagi secara massal.

Semakin ketatnya persaingan di bidang konveksi ini membuat para pengusahanya melakukan berbagai inovasi. Salah satunya adalah dengan melayani pemesanan full print kaos dengan menggunakan bahan kain dan tinta yang berkualitas.

Apa Itu Full Print Kaos?

Jika selama ini kaos-kaos yang diperjualbelikan hanya memiliki satu atau dua gambar sablon pada bidang yang terbatas, para pengusaha konveksi saat ini mulai memproduksi kaos yang full print. Maksudnya adalah gambar sablon akan ditempatkan di seluruh bagian kaos dan tanpa batas bidang, mulai dari bagian depan, belakang, lengan kanan, lengan kiri, hingga rib kaos. Anda pun dapat memilih gambar sablon yang diinginkan, seperti gambar sablon abstrak, buah, bunga, superhero, tokoh kartun, hingga 3D yang memberikan efek seolah-olah gambar tersebut bersatu dengan tubuh.

Untuk merancang desain kaos full print, para pengusaha konveksi biasanya menggunakan software Photoshop dengan template yang sudah disiapkan. Jika belum memiliki template, para pengusaha tersebut akan mengunduh mock-up yang tersedia di internet.

Jenis Sablon yang Digunakan

Untuk menghasilkan kaos dengan full print yang berkualitas dan tidak mudah mengelupas, para pengusaha konveksi tidak boleh menggunakan sembarang jenis sablon. Ada beberapa jenis sablon yang digunakan, seperti berikut ini.

1. Discharge

Jenis sablon discharge ini disebut juga dengan jenis sablon cabut warna karena tinta print yang digunakan dapat mengubah warna pada kaos. Setelah di-print, tinta harus dikeringkan dengan menggunakan mesin hot press.

2. Flocking

Untuk membuat full print kaos dengan jenis sablon flocking, para pengusaha konveksi memerlukan bahan tambahan berupa beludu dalam bentuk bubuk atau lembaran sebagai pelapis. Tujuannya adalah agar permukaan sablon dapat timbul.

3. Foil

Hasil print sablon foil ini sangat jernih dan mengkilap sehingga digemari oleh banyak orang. Maka tidak heran, untuk meningkatkan produksi, para pengusaha konveksi menggunakan jenis sablon ini.

4. Glitter

Untuk membuat kaos full print dengan jenis sablon glitter, para pengusaha konveksi akan menggunakan tinta yang dapat memancarkan cahaya kelap-kelip saat terkena cahaya. Biasanya, sablon ini digunakan untuk memproduksi kaos anak-anak karena tinta kelap-kelip memang sangat menarik perhatian anak-anak.

5. Glow In The Dark

Jika menggunakan jenis sablon ini, kaos full print Anda akan menyala saat berada di dalam kegelapan. Ada dua warna yang dapat Anda pilih, yaitu yellow glowing dan green glowing.

6. Pigmen

Jenis sablon yang satu ini hanya dapat digunakan pada kaos berwarna terang karena tintanya akan meresap dengan sempurna. Jika digunakan pada kaos berwarna gelap, tintanya akan tertutup dengan warna kaos.

7. Plastisol

Biasanya, jenis sablon plastisol digunakan untuk memproduksi kaos-kaos full print distro karena tintanya dapat mencetak raster yang sangat kecil. Untuk mengeringkan tintanya, harus menggunakan alat suhu dengan suhu 160 derajat Celcius.

8. Rubber

Jenis sablon rubber disebut juga sebagai jenis sablon karet karena hasil sablonnya dapat melar saat ditarik. Jenis sablon ini menjadi sablon yang digemari oleh banyak orang karena sangat awet, kepekatannya tinggi, dan harganya sangat terjangkau.

Full print kaos memang menjadi inovasi yang diminati oleh banyak orang karena tampilannya yang berbeda dan lebih menarik dibandingkan dengan print kaos biasa yang area sablonnya terbatas. Nah, selamat mencari kaos full print yang diinginkans!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *